Melatih Anak Tertib Penyimpanan

rak-sepatu

Anak-anak selalu kami ajarkan untuk meletakkan/menyimpan sesuatu pada tempatnya (tempat yang telah ditetapkan untuk menyimpan sesuatu). Awalnya, dimulai dg perintah, “ayo letakkan pada tempatnya ya”. Tapi anak-anak lebih suka merapihkan saja tanpa meletakkan pada tempatnya. Yasudah, kami pikir itu sudah baik..

Tapi kami, ummi dan abi anak-anak, selalu meletakkan sepatu/sendal kami pd tempatnya. Eh abinya sering khilaf juga :p

Suatu waktu, dengan sendirinya anak-anak secara otomatis, tanpa diperintah, meletakkan sepatunya pada rak sepatu. Termasuk si kecil kami Maiza yang sdh mulai meletakkan sepatu/sendalnya sejak umur 14 bulan.

Ini berjalan sampai dg sekarang..urutannya selalu seperti ini. Dari rumah neneknya anak-anak, kami menuju rumah..dg urutan anak2 di depan (iya mereka jalan sendiri kadang bergandengan dari gang sampai ke depan pintu), buka gerbang, buka dan meletakkan sepatu/sendal di rak sepatu, buka pintu, masuk rumah, menuju rak buku, ambil buku-buku, minta bacakan.

Hal ini kami lakukan untuk membiasakan anak tertib menyimpan suatu barang. Dimanapun, baik rumah sendiri atau orang lain. Juga membiasakan tertib proses/alur suatu aktivitas. .

Saya jadi teringat penggalan isi Buku #EnsiklopediMuhammad, jilid Muhammad sebagai Suami dan Ayah

Orangtua hendaknya selalu mengajarkan hal-hal yang baik kepada anak-anaknya dan mengingatkan mereka akan kemurahan dan karunia Allah yang harus mereka syukuri.

Semua perbuatan baik dan mulia yang bisa dilakukan seseorang juga berkat bantuan dan karunia Allah, yang tanpanya seseorang tidak akan maju dalam kebaikan dan keadilan. Dengan begitu, terciptalah perilaku yang sehat, seimbang, dan adil pada diri orangtua dan anak-anak sehingga mereka tetap berada di jalan Allah yang benar dan lurus.

Semoga kami selalu diberikan karunia, kekuatan dan petunjuk untuk menjadi orang tua yang selalu dapat mengajarkan kebaikan. Aamiin.

#parent #orangtua #teladan #NabiMuhammad #PBUH #habbit #anakmandiri #hikmah

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s