TIPS MENJALIN HUBUNGAN BAIK DI KANTOR

Saya pernah bekerja di perusahaan swasta dan sekarang bekerja pada sebuah kementerian Negara. Keduanya memiliki karakteristik yang berbeda. Namun yang pasti, ada kesamaan karakter yang disukai oleh lingkungan pekerjaan kita. Saya akan mencoba men-share karakter yang bagaimana yang disukai lingkungan kerja sesuai pengalaman yang saya alami, serta mengamati pengalaman orang lain.

  1. Ringan Tangan

Ringan tangan yang dimaksud adalah mudah membantu rekan kerja lain meskipun pekerjaan itu bukan tugas/kewajiban kita. Ada dua cara jika ingin membantu rekan kerja, pertama kalau diminta bantu rekan, ya kita kerjakan dengan senang hati. Kedua adalah inisiatif membantu sendiri dengan dorongan dari hati/empati terhadap kesulitan rekan kerja.

  1. Inisiatif Tinggi

Kantor membutuhkan orang-orang yang berinisiatif tinggi, tidak melulu harus disuruh terlebih dahulu untuk melakukan suatu pekerjaan, meskipun pekerjaan itu (lagi-lagi) bukan tugas utama. Misalnya, dalam hal kerapihan arsip atau kerapihan tata ruang kantor, ya kalau memang kita melihat ada ketidakrapihan, ya bisa berbuat untuk menciptakan kerapihan dan tentunya kenyamanan bekerja. Kemudian inisiatif mencari alternatif penyelesaian pekerjaan, bisa tanya-tanya rekan lain atau atasan langsung, bisa melihat dan mempelajari dokumen-dokumen lama, bisa membaca buku, dan berbagai cara lainnya.

  1. Kerja Cepat dan Profesional

Setiap pekerjaan yang telah ditetapkan dan diberikan kepada kita sebaiknya dikerjakan dengan segera, teliti, dan tuntas. Tidak ada yang merasa rugi jika rekan kerja memiliki rekan kerja lainnya yang seperti ini, dan tentu saja yang paling senang adalah atasan :D. Tidak pula merugikan penilaian grup (divisi/bagian), malah menjadi motivasi bagi rekan lain yang masih biasa saja kinerjanya.

  1. Ramah dan berakhlak baik

Siapa yang tidak suka dengan orang yang ramah dan berakhlak baik. Semua orang menyukai keramahan dan akhlak baik, namun tidak semua orang bersikap ramah dan berakhlak baik.
Oleh karenanya, jika sudah mulai masuk dunia kerja, sikap ramah dan akhlak baik sangat penting untuk menjalin hubungan (kerja)/silaturahim dengan rekan kerja lainnya. Kantor adalah rumah kedua setelah rumah, jadi jangan coba-coba mencari musuh di sini. Sikap ramah dan akhlak baik dapat berupa memberikan salam ketika masuk ruangan, selalu tersenyum dan riang, menjaga lisan (tidak ghibah, apalagi sampe di depan orangnya), jujur, tulus, menghormati yang tua, ngemong pada yang lebih muda, menerima undangan (traktir makan), dll kebaikan yang bisa disebar.

  1. Sabar / Tidak Banyak Mengeluh

Sabardalam menghadapi tantangan kerja akan meredam keluhan-keluhan baik ngeluh sendiri (ngoceh), curhat ke orang lain, bahkan ke medsos yang berujung ketidakikhlasan dan ketidakprofesionalitas, bahkan berujung pada kondisi yang tidak kondusif jika yang dikeluhkan mengetahui keluhan kita. Contoh kasus, ketika diberikan tugas yang sebenarnya bukan kerjaan kita atau diberikan oleh bukan atasan kita langsung, ya terima dan kerjakan saja dengan hari lapang. Bertemu dengan atasan/teman yang sedang BT (tp kitanya kecipratan), ya sudah, dimaklumi saja,..anggap semua td sebagai ujian yang perlu disikapi sabar dan bijak.

Itu beberapa tips yang dapat dishare, semoga bermanfaat ^ _^

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s