Menjadi Ibu Yang Tenang

Proses merawat anak memang tidak semudah membaca teori. Apalagi saat menghadapi anak sakit atau mengalami musibah kecil saat bermain. Anak baru jatuh sedikit sudah was-was, anak sakit batuk pilek jadi panik, terlanjur berpikir yg macam-macam dan terburu-buru membawa ke dokter. Padahal sesuatu itu sebenarnya tantangan kecil, hanya saja cara menyikapinya yang membuat tantangan kecil menjadi besar.

Saya sebagai seorang ibu dari balita laki-laki (umur 10 bulan) pernah merasakan bagaimana anak sakit batuk pilek panas atau menangis karena terjatuh dsb. Secara teori saya tau betul bahwa dalam menghadapi anak yang sedang rewel entah karena sakit atau musibah dalam permainan harus dihadapi dengan tenang. Dengan tenang, maka output solusi yang dikeluarkanpun menjadi efektif dan efisien. Selain itu, aura ketenangan sang ibu akan dirasakan si anak yangsedang tidak nyaman. Ketenangan ibu insyaAllah akan menenangkan si anak.

Kenyataannya? ya memang begitu adanya, awalnya saya sempat merasa was-was, khawatir dan panik kalau anak nangis kenceng, keluar air mata dan sesenggukan. Bukan apa, tapi karena rasa tidak tega, tapi si anak malah makin kejer bukannya tenang, akhirnya setelah digendong orang lain baru tenang. Kalau melihat anak anteng sama orang lain tuh rasanya gimana gitu… T_T tapi setelah itu saya mencoba mempraktekkan teori ketenangan. Daaaan, benar saja! ada beberapa kebahagiaan yang bisa diambil dari sikap tenang seorang ibu. Pertama untuk anaknya, kedua untuk sang ibu itu sendiri.

kebahagiaan yang pertama adalah sang anak tidak mengeluarkan ekspresi yang berlebihan dan tahan lama. Karena aura ketenangan kita menembus perasaan dan qalbunya, meredam ekspresi emosional maupun fisik anak yang berlebihan dan lama.

Kebahagiaan Kedua adalah sang ibu pun turut tenang, aman dan nyaman, tidak stress, tidak panic dan lebih rasional dalam mengambil tindakan terhadap anaknya. Dan yang lebih membahagiakan adalah anak akan terus nempel Ibu ^_^, terus menyerap kasih sayang Ibu.

So, tetap tenang ya Bu Ibu… 😉 semangats!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s