Pengalaman Tes CPNS Kemenkeu

Sehubungan dengan banyaknya pertanyaan yang masuk ke saya mengenai pengalaman rekrutmen cpns kemenkeu, maka saya coba menjawab di sini secara terbuka agar bisa diketahui oleh semua teman-teman sekaligus. Soalnya kalau dijawab satu per satu via sms atau wa atau bbm, lumayan menguras tenaga dan waktu mengingat saya punya kesibukan di kantor (kerjaan) dan di rumah (anak) *lebay πŸ˜€

Teman-teman, saya merupakan pns jebolan tahun 2013 yang kelulusannya diumumkan pada tanggal 24 Desember 2013 (saya inget banget krn besoknya merupakan tanggal lahir saya). Saya agak lupa kapan awal rekrutmen ini dibuka, yang jelas waktu itu saya masih bekerja di perusahaan swasta dan sedang hamil 5 bulan.

Dengan niat Lillahi Ta’Ala dan tanpa ambisius, maksudnya saya ikutan cpns ini karena kepingin coba aja dan terdorong dengan ucapan salah satu pejabat di perusahaan lama, dia mengatakan ke saya dan teman saya waktu itu, β€œrekrutmen cpns udah dibuka lho, coba aja, gratis ini, iseng-iseng berhadiah, toh kan bisa dikerjakan sambil bekerja”. Maka saya mulai beraksi dengan berseluncur ke website portal kementerian-kementerian yang membuka rekrutmen. Dan melihat-lihat persyaratan mana tidak rumit dan yang bisa saya penuhi. Nah pilihan saya jatuh ke Kemenkeu, selain persyaratannya tidak rumit dan bisa saya penuhi (tidak ada persyaratan sertifikat TOEFL :D), alur rekrutmennya juga rapih dan masuk diakal.

Kenapa saya bilang alur rekrutmen Kemenkeu rapih dan masuk diakal, karena sejauh yang saya ketahui, cuman Kemenkeu yang mensyaratkan seluruh berkas2 yang dibutuhkan itu dilampirkan setelah pelamar mengetahui status kelulusannya. Ketika sudah lulus, baru deh dibawa dokumen-dokumennya, namanya seleksi Pemberkasan. Lah kalau kementerian lain kan, dokumen-dokumennya dulu yang dibawa, tau-tau ga lulus. Udah sibuk mempersiapkan dokumen di awal, taunya ga lulus, itu sakitnya di sini (nunjuk kepala dan dompet, pusing dan boros tau :p). Kedua, dalam prosesnya, semua berjalan secara runut dan paperless, pelaksanaannya juga lancar dan sesuai informasi yang diberikan. InsyaAllah no tipu-tipu :D.

Nah sekarang mari kita bedah bagaimana alur rekrutmen CPNS Kemenkeu beserta tips dan trik ala saya sendiri *bukansombong. Untuk selebihnya yang berkaitan dengan info2 teknis, bisa dibaca sendiri di portal khusus rekrutmen kemenkeu (www.rekrutmen.kemenkeu.go.id).

Setiap Peserta yang mengikuti rekrutmen di Kementerian Keuangan, akan melalui tahapan/seleksi:

  1. Seleksi Administrasi;
  2. Tes Kompetensi Dasar;
  3. Psikotes;
  4. Tes Kesehatan dan Kebugaran;
  5. Wawancara yang diperuntukkan bagi peserta dengan tingkat pendidikan sarjana; serta
  6. Pemberkasan.

1. Seleksi Administrasi :

yang saya ingat, teman-teman akan diminta untuk mendaftar secara online di portal khusus rekrutmen kemenkeu (www.rekrutmen.kemenkeu.go.id). Kemudian mengupload scan-an:

a. Ijazah asli (jangan lupa bolak balik ya)

b. Transkrip Kuliah

Yang perlu teman-teman perhatikan adalah :

Perhatikan ukuran filenya, sesuaikan dengan permintaan. Misal dimintanya 325 kb, ya usahakan atur scanningnya seukuran tersebut atau dibawahnya. Itu sangat-sangat mempengaruhi. Saya mendaftar menjelang batas terakhir pendaftaran online, ternyata diterima, jadi saya kira ukuran file scan itu penting πŸ˜‰

Seperti yang sudah saya sampaikan di atas, seleksi ini dilakukan secara online tanpa tatap wajah. cukup tatap komputer masing2 πŸ˜€ sampai saatnya mendapatkan pengumuman lulus tes administrasi. Teman baru akan pertamakalinya menatap dan bertemu para panitia untuk mengambil kartu ujian TKD. Saya kebetulan dapat tempat di STAN untuk ambil kartu ujian.

2. Tes Kompetensi Dasar (TKD):

TKD terdiri dari soal :

  1. Wawasan Kebangsaan (tentang kenegaraan, pelajari baik2 Pancasila, UUD 1945 seluruhnya termasuk struktur organisasi Negara, tugas dan kewenangannya., Bhineka Tunggal Ika, dan tentang NKRI termasuk sejarah kemerdekaan RI dan sejarah bentuk pemerintahan Indonesia).
  2. Intelegensi Umum, terdiri dari :
  • tes Kemampuan Verbal yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tertulis.
  • tes kemampuan Numerik yaitu kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka.
  • Tes kemampuan Berpikir Logis yaitu kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis.
  • Tes Kemampuan Berpikir Analitis yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik.
  1. Tes Karakteristik Pribadi:

Untuk menilai kompetensi pelamar yang terkait:

  • Integritas diri;
  • Semangat berprestasi;
  • Kreativitas dan inovasi;
  • Orientasi pada pelayanan;
  • Orientasi kepada orang lain;
  • Kemampuan beradaptasi;
  • Kemampuan mengendalikan diri;
  • Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas;
  • Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan;
  • Kemampuan bekerja sama dalam kelompok, dan
  • Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.

TKD dilakukan dengan komputerisasi, teman-teman tidak perlu repot-repot bawa papan berjalan, pensil 2B, dan penghapus. Karena teman-teman tidak akan mengerjakan soal-soal yang berbentuk kertas, tapi berbentuk soft data di Komputer, cukup nge-klik aja. Namun, teman-teman tetap harus sedia pensil atau pulpen hanya untuk menghitung soal/menyelesaikan soal.

Untuk tahap ini, persiapan saya adalah mempelajari buku-buku soal cpns yang tersedia banyakΒ Β  di toko-toko buku. Ini sangat penting. Mengingat saya belum pernah ikut rekrutmen cpns sebelumnya dan sama sekali tidak mengetaui seperti apa model cpns, maka saya pilih buku-buku soal cpns yang lengkap, ada soalnya, ada cara penyelesaiannya plus jawabannya, termasuk materi-materi yang berkaitan. Sering-seringlah latihan, yaa seminggu cukuplah…Nah saat pelaksanaannya, jangan grogi, usahakan tenang, siapa tau ditunjuk panitia untuk memimpin doa kayak saya dulu :D. Siapkan alat tempur untuk menghitung pada sesi soal intelegensi. Jangan panic, dan ttp usahakan hitung dengan gesit dan hati-hati.

3. Psikotes:

Teman-teman perlu membeli buku2 latihan soal/tes psikotes di toko-toko buku. Apalagi teman-teman yang belum pernah ikutan cpns sebelumnya seperti saya. Pas intip-intip sebentar, saya cengo’, ini soal apa toh…tapi krn perlahan-lahan mulai mendalami, jadi ngerti sendiri…insyaAllah bgitu juga teman-teman ^_^. Selain soal2 yang ada di buku2 latihan soal/tes psikotes, ada juga soal-soal yang sifatnya menanyakan pengalaman pribadi kita. Contohnya menuliskan kelebihan dan kekurangan kita, kemudian pengalaman buruk dan baik di organisasi yang pernah kita ikuti.

Tips selanjutnya, usahakan teman-teman sebelum psikotes, kondiskan diri dalam keadaan tenang dan perut terisi (tidak lapar), kerjakan dengan happy jangan grogi. dan jawablah pertanyaan dengan sejujur-jujurnya, jangan pake bohong-bohong nanti mempengaruhi hasil.

4. Tes Kesehatan dan Kebugaran

Tes Kesehatan berbeda dengan tes kebugaran. Tes kesehatan adalah pemeriksaan fisik oleh dokternya Kementerian Keuangan yaitu periksa berat dan tinggi badan, mata, tensi, warna, dan periksa badan secara umum. Tes kebugaran adalah tes seberapa kuat fisik kita. Teknisnya dalam 15 menit kita disuruh mengelilingi lapangan sepak bola di daerah bojana tirta (rawamangun), nanti akan dicatat, berapa puteran yang sanggup teman-teman kelilingi :D.

Nah berhubung saya lagi hamil 8 bulan lebih, maka saya tidak diperkenankan tes kebugaran oleh dokternya. Maka setelah tes kesehatan, saya bisa langsung meluncur pulang…hihihi. Alhamdulillah. Berbagahagialah bagi yang sedang hamil ^_^

5. Tes Wawancara

Sesi ini hanya diperuntukkan bagi teman-teman S1. Fungsinya untuk mengetahui secara real integritas teman-teman. Detailnya, saya juga ga tau sih, hehe. Yang jelas, nanti teman-teman akan diwawancara satu persatu oleh dua orang pewawancara dari Pegawai Kementerian Keuangan. Nah tipsnya adalah, saat datang awal, berikan senyuman termanis dan salam. Kemudian jawab pertanyaan dengan singkat padat dan jelas dan ngena, jangan ngalor ngidul dan kepanjangan serta jujur. Wawancara ini lebih banyak menanyakan mengenai pengalaman pribadi kita, khususnya dalam berorganisasi (kerja ataupun organisasi lainnya).

6. Pemberkasan

Ini hal teknis, teman-teman ikuti saja apa intruksi dari panitia cpns. Dokumen-dokumen apa saja yang harus di berikan kepada kemenkeu. Sebisa mungkin harus teliti dan tidak ada salah. Ohiya, kemarin sempat ada kebingungan diantara peserta mengenai surat keterangan sehat jiwa. Adayang menganggap surat keterangan sehat jiwa diwakili oleh surat keterangan sehat fisik, mengingat no surat yang diminta oleh kemenkeu adalah surat keterangan sehat fisik. Waktu itu saya ikut dua-duanya, lumayan menguras kantong. Uang tes sehat jiwa sekitar 250rb. Tes fisik hanya 50rb. Padahal ada teman saya yang tidak ikut tes kesehatan jiwa bisa lulus :D.

Satu lagi, mengenai legaliser cap basah, harus diperhatikan juga. Khususnya untuk lulusan UI. Sebagai lulusan UI, saya punya pengalaman klo teman-teman saya ada yang disuruh ulang cap basah dokumen ijazah dan transkripnya dikarenakan tandatangan yang tertera pada dokumen tersebut bukan tandatangan dekan, tapi tandatangan pejabat yang lain. Ini juga by case, teman saya kena ulang, klo saya tidak. hehe. Untuk berjaga2 sebaiknya sejak awal teman2 minta cap basahnya ke Dekan Fakultas masing-masing.

Secara umum, saya berpesan kepada teman-teman untuk benar2 memperhatikan instruksi yang diberikan di setiap tahap seleksi baik mengenai waktu, pakaian, berkas, perlengkapan, maupun hal-hal lainnya yang dinstruksikan. Usahakan selalu tepat waktu, kalau perlu datang satu jam sebelum dimulai (eh tapi saya mendekati waktu juga sih datangnya, malah sepertinya semakin mendekati waktu semakin pendek antriannya), selalu berpakaian rapi dan jangan ceroboh ketinggalan ini itu.

Sekian yang bisa saya share, mudah-mudahan bermanfaat untuk teman-teman. Semoga teman-teman bisa lulus dan ketemu dengan saya di Kemenkeu *Eh πŸ˜€ Mohon maaf lahir batin ^__^

119 thoughts on “Pengalaman Tes CPNS Kemenkeu

    • iya ada, nah untuk tau gambar orang dan pohon yang seperti apa yang diingini panitia rekrutmen CPNS, coba Mas beli buku latihan psikotes di toko buku, waktu itu sih saya beli di Gramedia. ada tips2 menggambar yang memang kriterianya diingini oleh panitia rekrutmen CPNS. Namun, dalam proses menggambar meskipun ada trik dan tips tentu dalam penggoresan ada kekhasan sang penggambar (kita sendiri), nah ini konon dapat menentukan kepribadian kita ^_^. Semoga sukses.

  1. mb skor tkd aq mepet cm 327 si, lolos untu psikotes ntar. cm aq penah baca untuk sampe tahap akhir, akan dijumlah skor masing2nya.aq tkd kmrn skor mepet gtu , jd agak pesimis mb, mana aq lemah bgt klo ada tahapan wawancara. pengalaman organisasi ga ada, pegnalaman kerja sih ada cuma ga jurusan aq, akuntansi tp kerja di notaris. skrg aq malah udh resign. gmna ya. ciut dluan ni

    • Klo masalah penjumlahan skor di akhir, saya tidak tau. Yang saya tau, skor itu menentukan kelulusan satu tahap itu. Misal Skor TKD, ya untuk menentukan kelulusan TKD. Kalau sudah lulus, tidak perlu dipikirkan lagi. Lbh baik fokus untuk persiapan psikotes ^_^. Banyak yang fresh graduate yg masuk kemenkeu (tidak ada pengalaman kerja), kantor notaris kan bagian dari organisasi, nanti tuliskan saja pengalaman2nya di kantor notaris kalau ada pertanyaan mengenai organisasi. Mengenai wawancara, ga susahsusah kok, hanya menjawab secara jujur, jaga image dan jaga sikap ^_^. Jadi jangan pesimis dulu, ayo semangats.

  2. mbak saya mau tanya, mengajar di bimbingan belajar itu termasuk pengalaman kerja ga ya? sya jd hopeless karna ga aktif berorganisasi. terus kl alasan yg melatar belakangi masuk kemenkeu sebaiknya dijwb merujuk ke 5 nilai kmenkeu apa murni alasan pribadi aja misalnya karena penghasilan tinggi? terima kasih..

    • mengajar di bimbel termasuk pengalaman kerja. Dulu saya tidak pernah tau menau ttg kelima nilai kemenkeu. Untuk alasan masuk, ada pertanyaannya dan ada bbrp pilihan yang harus diurutkan dari alasan yang paling dominan. Saya sih waktu itu menempatkan alasan gaji bukan pada urutan atas…

  3. apakah tes kesehatan secara umum sangat mempengaruhi hasil diterima ato gak ya mbk…misalnya kita minus matanya, terus kesehatan gigi kurang, tinggi badan gk tggi2 amat..gitu mbak?

    • Tes kesehatan mempengaruhi diterima atau enggaknya. nanti nilai tes kesehatan + tes kebugaran. Saya agak minus matanya, TB cuma 147cm alhamdulillah lolos :D. Gigi tidak diperiksa. ^__^

  4. Assalamualaikum Mbak.. Saya mau tanya, pada saat seleksi pemberkasan, ijazah yg dibutuhkan harus dari sd smpai kuliah atau hanya ijazah pada saat kuliah saja?
    Terima kasih sebelumnya.

    • wa’alaykumussalam wrwb.

      Saat pemberkasan, hanya ijazah dan transkrip kuliah saja yg dibawa. Tapi nanti akan ada lembar CV yang harus diisi Nomor STTB (Surat Tanda Tamat Belajar) SD – SMA.

  5. Hi Mba, terima kasiih sharingnya ^^. Mau tanya jg apa tes kesehatannya spt medical check up complete? Jg untuk penempatan apa Mba sesuai domisili atau tergantung kebutuhan?

  6. Mbak maaf mau tanya, saya jurusan ekonomi studi pembangunan. Untuk jurusan saya formasi yg diambil 390, sampai saat ini yg lolos psikotes 354. Apakah nanti akan mungkin berkurang lagi mbak? Mengingat quota formasi sebenarnya sudah terpenuhi (bahkan kurang).
    Terima kasih mbak πŸ™‚

    • Di kemenkeu, sistem nilai yg paling utama, jika tidak memenuhi nilai ambang batas walaupun masih ada formasi kosong ya tidak akan lolos. Begitu juga tes selanjutnya, setiap tahapan memiliki ambang batas penilaian untuk lolos. Namun komponen apa saja penilaiannya merupakan rahasia dari panitia pelaksana rekrutment cpns. ^^, ga usah khawatir, ikuti saja dg semangat prosesnya πŸ˜‰

    • hay mbk meliana, πŸ™‚ salam kenal saya Fujia Syukrila, saya juga lagi ikut tes kemenkeu, πŸ™‚ mbk saya mau tanya, registrasi yang untuk tes kebugaran itu dilaksanakannya pada hari tes kan mbk ? saya ragu baca pengumumannnya… makasii mbk sebelumnya πŸ™‚

  7. assalamualaikum mbak πŸ™‚
    saya mau tanya tentang lembar daftar riwayat hidup yg harus di download dan harus diisi, itu seharusnya diisi dengan tulis tangan atau di ketik komputer? sedangkan dibawah ada catatan kalau formulir bisa diketik dg komputer tapi file nya pdf dan tdk bisa diketik.
    saya bingung mbak, mungkin bisa memberi saya pencerahan..

    • Wa’alaykumussalam wrwb. Waktu itu saya juga ketentuannya begitu, tapi saya isi dengan tulis tangan dg huruf kapital semua dan jelas. Ada temen sebelah pas nunggu wawancara, dia ngisi dg komputer, ada caranya, cuman waktu itu saya lupa dia jawab caranya seperti apa. hehe.

  8. Mbak, mau tanya donk kalo lapangan di rawamangun kira-kira kelilingnya berapa ya?
    besar banget gak ya?
    dan kira-kira yang test lari disana bisa dapat berapa putaran ya yang untuk wanita?
    Terimakasih πŸ™‚

    • Lapangan bola besar kayak GBK, aku ga lari krn waktu itu sedang hamil besar. Aku tanya temen yg lari, katanya 10 menit dapat 4 seperempat lingkaran lapangan. Nah klo batasan untuk lulus, saya ga tau..

  9. mbk, mau tanya πŸ™‚ kalo pake behel bakal ngaruh ga mbk untuk tes kesehatan dan kebugaran?
    oiya, satu lagi mbk, saya awal desember mau tes kesehatan dan kebugaran, tapi ada info yang masih rancu buat saya,, kata nya disuruh registrasi d hari yg telah ditentukan, itu mksudnya dihari tes dilaksanakan ya mbk? atau ada hri tertntu utk registrasinya? terimakasi sblumnya mbk :):)

    • untuk behel, menurut saya ga ngaruh, krn gigi ga diperiksa. untuk pertanyaan selanjutnya maksudnya gmn ya? maaf kurang paham..yang jelas registrasi itu kalau sudah ada pengumuman lulus tes kesehatan & kebugaran dan wawancara. jadi ga akan ada jadwal yang bentrok.

      • oowh, gitu ya mbk, mkasi bnyak ya mbk πŸ™‚
        pertnyaan saya mngenai registrasi mksudnya , kan d pngumuman nya dsuruh utk registrasi tes keshtan dan kbugaran mbk, nah registrasi itu pada hari tes nya kan mbk? saya agk bngung mbk baca nya. hehee

      • oiya, untuk registrasi pagi, setelah antri registrasi, antri pemeriksaan kesehatan, kemudian antri lari. Semakin pagi datangnya, semakin cepat selesainya. Khawatirnya klo kepotong ishoma itu nungguinnya bisa 1,5 jam. Klo ga salah waktu itu istirahat panitia jam 11.30 – 13.00 WIB.

  10. mb, wktu tes kesehatannya ditanya ga, berapa gigi yg bolong dan berapa yg dicabut? apakah ada pemeriksaan tenggorokan dan telinga?? terimakasi πŸ™‚

  11. mb, wktu tes kesehatannya ditanya ga, berapa gigi yg bolong dan berapa yg dicabut? apakah ada pemeriksaan tenggorokan dan telinga?? terimakasi πŸ™‚

    untuk pertanyaan mb fujia : menurut saya untuk tes TKK itu registrasinya sesuai pas jadwal mb TKK, misal mba jadwal tgl 2 desember, regristrasi pada tgl tsb jg, kan dikatakan untuk registrasi dari jam 07.30 s/d 10.00, diatas jam 10.00 sudah tdk dilayani.. πŸ™‚

  12. Hi Mba, aku mau tanya lagi, temen Mba yang lari 10 menit bisa 1/4 lapangan apakah lulus? banyak baca di blog lain, katanya yang lulus untuk lari 12 menit bisa muterin 4 kali ^O^. Menurut Mba bagaimana kerja sbg pns kemenkeu, dalam hal kuantitas kerja, ritme kerja. Kalau boleh memberi nilai rekomendasi 1-10, berapa yang Mba rekomendasikan? ^_^ terima kasih banyak sebelumnya…

    • untuk ritme kerja, masing-masing eselon 1 (SETJEN, ITJEN, DJP, DJBC, DJA, dll) bahkan eselon 2 (struktur dibawah eselon 1) berbeda ritme kerjanya, bahkan dari segi waktu jg beda, ada yg sibuuuuk diakhir tahun, awal tahun, dan sibuk sepanjang tahun, bulan dan hari. Namun banyak eksternal kemenkeu yg mengakui ritme kerja kemenkeu tinggi. Saya pribadi memberikan angka 8.

      • Ops iyah, aku salah baca, gomenasai ^^. Bgmn untuk kesempatan sekolah S2 nya Mba. Apakah itu persyaratannya susah atau tergantung atasan? Oh iya, saya juga baca di blog lain kalau lulus tes cpns ini nti akan ada penahanan ijazah, apakah itu benar?

  13. Mba. Mw tny
    Kl lari minimal brp ptran?
    Kl ga nympe target emang ga d lulusin y mba?
    Utk tes kshatn kebugaran msh ad yg ga lulus?

  14. selamat pagi mbk. mbk apakah mbk lulus dikemenkeu ? krna mbk dalam keadaan hamil tidak mengikuti tes kebugaran? itu tidak menggugurkan tes kan mbk?trims

  15. Assalamu’alaikum mbak. Saya mau tny .. saya tes kshtn dan kbugaran di srbya. Saya dpt 5,5 putaran lari 12 menit. Menurut mbak, saya bs lulus gk y? formasi 1251, tapi sisa peserta se indo untuk d3 akuntansi 510, tp saya ada mslh waktu tes mata. Selama ini gk pakai kacamata tp pas tes kyknya min. Gmna menurut mb? lari mmbentuk angka 8 itu gmna nilai nya? terima ksh mb untuk jwbnnya. Wass.. 😊

  16. Terima kasih atas infonya mbak. Alhamdulillah Saya tinggal menunggu pengumuman hasil tes kesehatan dan kebugaran Kemenkeu. Namun Saya Agak pesimis karena saya hanya bisa lari 12 menit hanya sekitar 4,5 kali keliling lapangan. ( rata2 peserta lain mampu 6-8 kali). Mohon Doanya semuanya. agar Allah memberikan Saya kelulusan dan kesempatan bergabung di kemenkeu. Aamiin. πŸ™‚

    • kalau saya dulu membuat surat keterangan rohani, dan diterima. Namun ada pula yang tidak membuat, tetap di terima. Coba cek isian di pendaftaran onlinenya, pakah meminta nomer surat keterangan sehat rohani atau tidak.

  17. Ass wr wb. Terima ksih banyak mba blog mba sangat memberikan informasi.. πŸ™‚ alhamdulillah mba saya lolos di penempatan dirjen pajak dan tgl 14 jan 2015 nanti akan diadakan orientasi.. Yg saya ingin tanyakan pd saat angkatan mba mulai masuk kerjanya tgl brp mba? Lalu penepatan bekerja di mananya itu ditentukan kapan mba? Krna skrng posisi saya sdng melanjutkan S2 saya di jakarta mba.. Terima ksh mba mohon bantuan info nya

    • Wa’alaykumussalam wrwb. Saya mulai masuk kerja seminggu setelah pelaporan diri ke unit eselon 1 masing-masing. Untuk penempatan di Pajak, biasanya sebulan setelah prajab selesai (kira2 5 bulan setelah mulai bekerja)

      • Terima ksh mba atas infonya, lalu pertanyaan saya lg prajab kemenkeu itu seperti apa ya mba? Dan kriteria posisi penempatan di pajak itu sperti apa mba? Klo mba sendiri dapat penempatan dmn? Klo menurut mba bs ga mba saya kerja di djp sambil melanjutkan kuliah s2 saya di jkt. Terima ksh atas perhatian dan waktunya

  18. sore mba, saya mau bertanya klo form kekerabatan itu untuk apa ya? klo saya mempunyai adik lulusan STAN dan masih status CPNS sedangkan saya dinyatakan lulus tes cpns kemarin apakah diperbolehkan atau saya akan dinyatakan tidak diterima? thx.

    • form kekerabatan diisi aja apa adanya, sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. Pemberkasan ini untuk kelengkapan administrasi, bukan lagi diterima atau tidaknya. Jadi tenang aja Mas.

      • terima kasih ya mba……btw mba di bagian apa di ditjen pajak? dan klo hasil tes rohani saya menunjukkan hasil misalnya saya rentan emosi jk dlm keadaan tertekan apakah berpengaruh dlm keputusan lulus (jadi tdk lulus)? thx

  19. Mbak salam kenal.. mau tanya tentang surat sehat jasmani dan rohani,itu kan ada tinggi dan berat badan..tp sy lupa Brp dan pas tes gak di ukur..kalo kmrn sy kira2 aja gt,ternyata kalo salah gimana mb,ngaruh ga mbak?mohon jawabannya ya mbak πŸ™‚

  20. terima kasih ya mba……btw mba di bagian apa di ditjen pajak? dan klo hasil tes rohani saya menunjukkan hasil misalnya saya rentan emosi jk dlm keadaan tertekan apakah berpengaruh dlm keputusan lulus (jadi tdk lulus)? thx..

  21. mbk mw tanya ap pemberkasan it semua dokumen harus dilegarisir..? karena di keterangan ijazah dn transkrip nilai saja yang dilegalisir..bgaimna dengan skck surat dokter dn surat NAPZA..?

  22. mba trmakasi mba info nya sangat brmnfaat,, alhmdulillah saya llus d dirjen pajak mba πŸ™‚ ,, tapi saya mmpunyai sdikit mslah d slah satu berkas yg harus saya kmpulkan,, skck saya habis masa brlkunya jnuaribu bsok mba,, jadi sudah sya prpnjang di padang (saya asal padang),, tpi mslah nya berkas ny blom juga dtang smpe skrang,, pdhal udah dkrim dr pdang sminggu yg lalu,, terkhir pndftaran hari senin mba,, dan skrang juga tgl merah,, sya khwatir berkas ny telat dtang,, (maaf mba jadi curhat T,T)..
    pertnyaan saya :
    1. sewaktu mba pmberkasan dulu ada ga mba yg punya mslah juga dg berkas ny spt saya?
    2. klo msalkan berkas saya ga dteng jga smpe senin,, mnurut mba bisa ga ya klo saya pkai hasil scan nya aja?
    3. ada ga mba yg ga llus krna berkas ny ga lngkap spt saya?

    mohon infonya ya mba,, mkasiii mba πŸ™‚

  23. pagi mba, mau tanya neyh….nanti ada diklat di asrama LIDO jg ya? dan setelah lapor ke unit penempatan masing2 selanjutnya apa ya? sdh aktif msk kerja nya apakah masih lama? thx mba

  24. Assalamualaikum Mba idesneeh, saya ingin bertanya mengenai tes kesehatan. Tinggi Badan saya 150-151 cm, sedangkan BB saya 45 kg. Yang saya tanyakan adalah apakah dengan TB yang saya sebutkan tsb dapat menghalangi mimpi saya untuk menjadi CPNS Kemenkeu? dan kira2 BB yang ideal dengan TB saya berapa? saya takut saat tes TB dan BB. sudah berjuang diawal dan akhirnya gara2 faktor ini saya tidak diterima. Terimakasih atas perhatiannya dan ditunggu jawabannya πŸ™‚

  25. assalamualaikum mbak, aku mau tanya dong, buku yang di pake untuk belajar apa ya? saya mau ikut tes cpns tahun ini mohon bantuannya ya mbak, saya bngung mau belajar pake buku yang mana, karena banyak sekali buki buku online yang beredar di internet dengan testimonial yang menggiurkan mbak plis di jwab ya

    • Wa’alaykumussalam wrwb

      Saya sudah lupa buku apa, bukunya skrg sedang dipinjam teman. Yang jelas waktu itu belinya di gramedia. Menurut saya, beli bukunya jgn berpatokan judul buku yg saya punya..cari saja yg isinya terkait soal tes cpns πŸ˜‰

      • Assalamualaikum mba. tulisan yg sangat manfaat.. makasih mba. Terkait cpns ada dua hal yg ingin sy tanyakan mba.
        1. Ipk saya 3.08 misal ipk minimum cpns kemenkeu 3.00 kirakira sy bs llus administrasi ga ya krna wlau diatas 3 tp slisih dkit. Ada ga tmn mba yg ipk ga sampe 3.1 tp llos .. ?
        2. Terkait wwancara. Itu ada yg ga lolos kah? Atau pasti llos? .
        Sy harap mba berkenan jawab dua kbingungan saya .. makasih ya mba. sukses teruuus

      • Wa’alaykumussalam wrwb

        Untuk IPK, waktu saya mendaftar IPK Minimalnya 2.75, ada banyak yg lolos dengan IPK tdak mencapai 3 tapi di ambang batas 2.75.

        untuk wawancara tidak pasti lolos. banyak teman-teman yang gagal juga saat diwawancara ^_^

  26. Salam mba, punten yah mau tanya soal wawancara, yang mba tau apakah pengalaman organisasi sewaktu kuliah berperan penting ya dlm penilaian? Oh ya mba sendiri ada pengalaman berorganisasi/ pengalaman kerja saja? trimakasih mba πŸ™‚

    • yang dilihat oleh pewawancara sepertinya bagaimana kita berkoordinasi dg orang banyak. Saya sendiri ada pengalaman organisasi dan pengalaman kerja juga..

  27. Kak aku mau nanya, skrg kan aku ijasah ditahan.. Misalkan keterima, dan posisiku blm resign waktu pemberkasan,. Itu gmn ya kak? Ada kemungkinan ga waktu pemberkasan ga lolos? Thanks kak

    • Saya kurang tau. Tapi pernah ada teman yang terikat dg kontrak di kantor swastanya, kemudian ikut rekrutment BI, beliau meminjam sementara Ijazah yang ditahan ke kantornya saat itu, dan ternyata diperbolehkan.

      untuk pemberkasan, sepertinya harus mengikuti maunya pengumuman, misalnya harus membawa ijazah asli, ya harus dibawa ijazah aslinya. Jika serius ingin memilih (ikut rekrutmen), ya memang harus ada yang dikorbankan salah satunya. Good Luck, memang sudah ada rekrutmennya ya? setau saya belum ada..

  28. Assalamu’alaikum, mba salam kenal ya πŸ™‚
    sangat bermanfaat untuk saya sbg lulusan fresh graduated πŸ™‚
    mba say mau menanyakan, untuk bukaan kemenkeu tahun 2016 ada atau tidak ya mba? saya dengar” bukaan tahun 2017 an? atau seperti apa mba??
    mba saya mau menanyakan lagi mba, apakah ada kesempatan untuk saya yg lulusan ilmu ekonomi dengan jurusan manajemen tapi konsen di manajemen SDM??
    klau ada kesempatan, boleh minta saran mba, untuk jurusan yang sesuai dengan saya lbh baik memilih bagian bidang apa ya??

    minta tolong saran nya ya mba πŸ™‚
    terimakasih ^_^

    • Wa’alaykumussalam wrwb

      1. Alhamdulillah jika bermanfaat.
      2. Rekrutmen Kemenkeu saya juga belum tau kapan dibukanya πŸ˜€
      3. Biasanya penempatan pegawai disesuaikan dengan lulusannya..misalnya lulusan hukum ya ditempatkan di unit yg tugas dan fungsinya berkaitan dengan peraturan. Unit tersebut bisa ada di semua lini, bidang SDM, Humas, Keorganisasian, IT, dll…
      4. Dlm pendaftaran nanti, biasanya ada pilihan penempatan. Semua pilihan membutuhkan lulusan ilmu ekonomi termasuk manajemen sdm. karena semua eselon I (unit di Kemenkeu) membutuhkan pegawai utk memanage SDM. Tapi yang perlu diketahui, Unit Eselon I yang tidak ada penempatan ke seluruh kota adalah Sekretariat Jenderal, Direktorat Jenderal Anggaran (DJA), dan Badan Kebijakan Fiskal (BKF).

    • Seperti tahun 2015, Rekrutmen Kemenkeu akan terpusat di bawah Menpan. Jadi nanti woro-woronya pasti ramai,..kalau sudah ada woro-woro, segera cek aja web Kemenpan dan Kemenkeu: http://www.kemenkeu.go.id, klo belum ada beritanya, berarti Hoaks, klo benar, pasti ada berita pengumuman Rekrutmen CPNS. Terimakasih

  29. Assalamualaikum, mba apakah lulusan D3 juga bnyak yg diterima?
    Dan juga tes kesehatan, klo ada amndel apa tidak lulus?klo gigi dipasang bracket apa tidak lulus juga mba?

    • Wa’alaykumussalam wrwb.

      D3 biasanya diambil dari STAN. klo rekrutmen umum saya kurang tau.
      klo soal amandel, saya juga kurang paham apakah jd kriterian baik atau tidaknya nilai kesehatan..

  30. Assalamualaikum kak..
    Perkenalkan nama saya hana. Setelah membaca tulisan kakak, saya makin termotivasi untuk bisa menyusul kakak di Kemenkeu. I really appreciate for what you’ve done kak :).
    Oh ya kak, saat rekrutmen cpns angkatan tahun 2013, peserta yang diterima ada berapa orang kak? Dan pada saat rekrutmen, umumnya tiap-tiap tahapan tes dilaksanakan saat weekdays atau weekend kak? Thankyou beforehand πŸ™‚

    • Wa’alaykumussalam wrwb. salam kenal kembali ^_^

      peserta yang di terima kemenkeu waktu angkatan saya, saya sudah lupa, hehe…dulu pernah disebut sama Pak Menteri Chatib. tp sy lupa. maaf ya.

      tahapan tes, waktu itu rata-rata hari kerja, hampir semua dilakukan hari kerja. karena pegawai yang jadi panitia kan harus kerja juga πŸ˜‰

      semoga sukses yaa

    • Selamat Pagi..
      aamiin..terimakasih doanya

      waktu zaman saya tidak ada nilai minus,.jadi klo ga tau jawabannya, tembak aja..hehe, lumayan kan klo bener.
      tapi ga tau kalau tes cpns ke depannya.

Leave a Reply

