Kisah Prajab

Aku sampaikan kisah Diklat Prajabatanku di blog ini. Betapa ikatan soliditas kami masih terasa hingga sampai akhirnya kami kembali ke kantor kami masing-masing.
Diklat Prajabatan (“Prajab”) merupakan sesuatu yang ditunggu-tunggu oleh para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Karena Prajab ini merupakan prasayarat merubah status dari calon PNS menjadi PNS. Namun disisi lain Prajab juga menjadi momok yang membuat dada para teman-teman CPNS menjadi deg-deg-ser. Pasalnya Prajab ditempat kami harus melaksanakan program Bela Negara yang di komandoi oleh KOPASSUS pada hari pertama, kedua dan ketiga. Selain itu, jadwal yang padat dan peraturan yang ketat membuat CPNS merasa dihantui oleh ketidakbebasan, belum lagi mendengar isu-isu yang cukup tidak menentramkan hati dari teman-teman D3 yang sudah terlebih dahulu. Hihi.

Hari pertama, kedua dan ketiga memang benar apaadanya…fiuh. Kami diperlakukan seolah2 prajurit KOPASSUS. Kudu taat pada setiap komando KOPASSUS (kami wajib memanggil pelatih, jika ketahuan memanggil “Pak”, maka bagi laki-laki di hukum push-up badan 10x, dan push-up kepala bagi perempuan). Dijemur dari jam 09.00 pagi sampe jam 15.30 WIB di lapangan sepakbula terbuka. Lari sana lari sini membentuk barisan dengan amat rapih dan cepat, berguling dan merayap di tanah kering dan basah beserta kerikil, Makan bersama kudu bareng (tdk boleh ada yang mendahului), cepat, dan tenang (tdk boleh bersuara). Waktu istirahat dibatasi, seragam tidak boleh diganti sebelum diintruksikan ganti. Hormat, sapa dan salam setiap ketemu pelatih. Hormat dan mencium bendera Merah Putih setiap bertemu. Apel malam dan pagi yang membuat kaki tdk kuat lg berdiri tegak lurus (hihi).

Namun, tenang saudara2, ini hanya berlaku 3 hari pertama saja. Bahkan, mungkin pelatihan yang kami terima tidak seberat yang diterima oleh prajurit asli KOPASSUS ^_^. Apalagi, ini semua dijalankan dengan peer kelompok yang telah terbagi sejak awal. Seluruhnya ada 11 kelompok/kelas dengan jumlah seluruh peserta 428 CPNS dari seluruh Indonesia dan berbagai instansi internal Kementerian. Allah menakdirkan saya ada di Kelas C. Keberadaan kelompok/kelas ini membuat kami memiliki naluri/cita-cita untuk tidak memalukan kelompok/kelas. Oleh karenanya saling kerjasama, saling bahu membahu, saling peduli tidak terelakan lagi ^_^.

Disinilah letak menariknya Prajab. Diluar jadwal yang padat untuk menerima materi, yaitu selama 16 hari (diluar hari libur 3hari, bela Negara 3 hari, ujian 2 hari, total 24 hari) dibentuk pula kekompakan tim kami (team building). Bagaimana kegotongroyongan dan kekompakan entitas kelas mini ini mewakili Kementerian kami. 24 hari berturut-turut kami jalankan bersama, mau tidak mau membentuk ikatan batin diantara kita.

Bagaimana kami tidak saling terikat jika saat pelajaran kami dihimbau untuk aktif dan mengaktifkan teman-teman yg lain. Tahan bicara untuk yang aktif, dan beri kesempatan bagi yang belum mendapatkan kesempatan berbicara di kelas. Yap, ini demi nilai guys. karena dalam Prajab ini, keakftifan merupakan harga mahal 😉 namun bagi kelas kami, ini harga gotong royong ;). Bagaimana tidak hati ini terikat ketika jabatan-jabatan penting di kelas maupun apel diskenariokan untuk dipergilirkan sampai semua kelas ini mendapatkannya. Yap mendapatkan pengalaman dan lagi-lagi nilai agar kami dapat lulus bersama dengan “C”empurna ^_^. Bagaimana tidak hati kami saling terkait ada diantara teman-teman yang rela mengerjakan soal ujian tahun sebelumnya hingga malam, kemudian dibagikan kepada teman-teman yang lain untuk dipelajari pada saat belajar bersama.

Inilah kami kelas C : bercita-cita lulus Prajab semuanya dengan nilai Cempurna ^_^
Adisty – Adit – Anggi – Toni – Tanjung – Asmara – Barik – Cecil – Dera – Saya – Dini – Fittry – Heni – Mailendra – Ikhsan – Odor – Jaya – Rimona – Son Haji – Randu – Nazar – Yoga – Yeishi – Susilo – Siti – Faushia – Za’im – Kamal – Ratih – Rizqon – Bayu – Asri – Sherly – Prisna – Widi – Endah – Novia – Niki. (semoga ukhuwah ini selalu terjaga, insyaAllah grup WA masih lestari ^_^)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s