Pegawai Negeri Sipil, itu…

Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Negeri ini memiliki stigma negatif meskipun pada kenyataannya memiliki daya tarik tersendiri pada saat musim Open Recruitment (OR) datang. Terlihat dari jumlah pendaftar CPNS yang mencapai ratusan ribu.

Biasanya yang membuat penilaian terhadap PNS menjadi minus disebabkan karena hal-hal sebagai berikut :

  1. Faktor pelayanan publik terhadap masyarakat kurang baik atau kurang memuaskan. Beberapa hal yang dikeluhkan dalam pelayanan publik misalnya :
    1. Jam kerja yang fleksibel. Fleksibel di sini maksudnya tidak ada di tempat pada saat jam kerja (jam melayani masyarakat). Bisa jadi berlaku sistem datang lebih akhir dan pulang lebih awal 😀 atau menggunakan jam kerja untuk keperluan pribadi. Sehingga disimpulkan pekerjaan PNS lebih banyak santainya.
    2. Prosesnya memakan waktu (lama). Terkenal dengan birokrasi yang bertele-tele sehingga dalam pengurusan apapun memerlukan waktu yang relatif lama.
    3. Berkaitan dengan poin 1.b, selain dikenal istilah birokrasi yang bertele-tele, dikenal juga istilah, “ada uang cepat, ga ada uang lama”. PNS dikenal “mata duitan” saat melakukan proses-proses tertentu.
  2. Faktor Praktik Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme yang masih mengakar. Beberapa contohnya adalah :

a. Praktik suap menyuap diantara yang berkepentingan.

b. Praktik korupsi terhadap pemasukan Negara dengan berbagai cara.

c. Praktik Nepotisme terhadap “jatah” kursi PNS.

  1. Faktor Belanja Negara yang dinilai boros. Misalnya studi banding ke luar negeri, rapat-rapat yang dilaksanakan di hotel, renovasi fasilitas kantor, dll.

Kira-kira itu yang menjadi nilai minus profesi PNS. Jujur saja, saya pun juga tergiring pada opini yang sama. Meskipun begitu, teteup aja ada rasa ingin mencoba tantangan tes CPNS mengingat teman-teman banyak yg ikutan.

Perlu disampaikan juga, ada sisi lain yang menjadi daya tarik PNS bagi masyarakat, diantaranya adalah jenjang karir yang jelas dan jaminan masa depan (ada tunjangan pensiun).

Nah Allah telah menakdirkan saya berada di lingkungan PNS. Ada beberapa hal yang menggiring saya ke opini yang berbeda dari penilaian masyarakat yang minus. Sebabnya adalah sebagai berikut :

  1. Kedisiplinan yang tinggi. Ini yang awal dirasakan oleh saya. Kehadiran pukul 07.30, lewat dari itu dikenakan sanksi2 yang telah diatur oleh peraturan menteri, dan benar-benar diterapkan. kemudian jam pulang pk. 17.00 dan ada tambahan waktu bagi yang telat dalam batas tertentu. Saat rekrutmen pun saya juga merasakan kedisiplinan ini. Semua rangkaian tersusun rapih dan berjalan dengan baik hingga akhir dengan tertib karena ada peraturan yang jelas dan tegas serta bersih dari intriks nepotisme 😉
  2. Kapabilitas yang mumpuni. Ini dia, masalah pekerjaan benar2 disoroti. Bagaimana pekerjaan harus diselesaikan dengan cepat (ada batasan pengerjaan), cermat dan cerdas serta sempurna. Beuhh, ini butuh ilmu dan pengalaman men…. 😀 serta hati yang lapang jika ada koreksi dari atasan. hehe
  3. Ada usaha konkret perbaikan sistem yang dinamakan dengan reformasi birokrasi. Bagaimana caranya publik dapat dilayani dengan baik oleh lembaga/organisasi yang efektif dan efisien (tidak gemuk struktur dan tidak ribet birokrasi J). Ini yang benar2 diperjuangkan tempat kerja saya, sampai-sampai dituangkan dalam nilai2 kementerian (Integritas, Profesionalisme, Sinergi, Pelayanan dan Kesempurnaan) yang dipajang dimana2 agar dapat di tanamkan dalam segenap jajaran kementerian.
  4. Ada mekanisme pelaporan bagi masyarakat atau jajaran kementerian jika ditemukan kasus KKN , bahkan di tempat-tempat tertentu telah dipasang CCTV dalam rangka pengawasan kinerja.
  5. Pelayanan merupakan salah satu nilai dari kementerian dimana saya bekerja. Tidak sekedar nilai, tapi memang sedang digalakkan usaha-usaha memperbaiki pelayanan diantaranya kebijakan dan usaha konkretnya. Pelayanan di sini sudah mulai base on IT.

yang saya rasakan mungkin berbeda dengan orang-orang yang berhubungan langsung dengan PNS yang di front line (pelayanan). Namun, sebagai orang back office, maka itulha yang bisa saya sampaikan. Selebihnya, silakan dinilai sendiri, karena saya sendiri juga belum menyelami lebih dalam kementerian ini :D. In syaa Allah pemerintah memiliki inisiatif yang baik dalam rangka menciptakan sistem yang baik.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s