Tips Rumah Bersih dan Rapih

Menjadi Ibu Rumah Tangga (IRT) harus memiliki perhatian yang tinggi terhadap kebersihan dan kerapihan di dalam rumahnya. Karena seorang istri/ibu merupakan pimpinan tertinggi dalam hal menejerial rumah. Dan biasanya seorang wanita memiliki naluri yang tinggi terhadap kebersihan dan kerapihan dibanding dengan laki-laki. Pun memiliki seorang atau lebih Asisten Rumah Tangga (ART), tetap saja sense itu diperlukan, bukankah ART bertindak sesuai arahan IRT?

Lalu apa pentingnya bersih dan rapih kalau ternyata toh berantakan lagi ? Coba saja anda bayangkan, jika proses membersihkan dan merapihkan dalam 1 hari tertunda hingga seminggu, akan seperti apa kondisi rumahnya? bukannya menyelesaikan masalah, malah menambah masalah baru.

Ada beberapa tips agar kebersihan dan kerapihan di lingkungan rumah kita terjaga:

  1. Pertama-tama menakar dan membayangkan rumah kita di dalam pikiran. Atau bagi yang belum memiliki rumah, bisa menakar dan membayangkan ruangan/area privasinya.
  2. Rencanakan tata letak barang sesuai dengan ruangan yang tersedia. Buat oret-oretan aja layaknya designer interior, singkirkan atau tahan untuk membeli barang2 yang dikira memakan tempat dan tentunya tidak diperlukan.
  3. Menurut saya, barang penting yang harus ada untuk RT adalah wadah penyimpan barang-barang seperti baju, sepatu, alat kosmetik, sampah, mainan anak, buku, alat makan, alat kebersihan, dsb.
  4. Strategikan penempatan wadah penyimpan (poin 3) di tempat-tempat yang terjangkau untuk merapihkan kembali penggunaan barang-barang tsb.
  5. Sosialisasikan kepada keluarga (suami/istri, anak, ART) mengenai penempatan barang-barang poin 3 dan sepakati mengenai konsistensi penyimpanan barang pada tempatnya dan sesegera mungkin setelah digunakan. Mari libatkan semua anggota keluarga dalam menciptakan kebersihan dan kerapihan ;).

Demikian tips yang bisa disampaikan, semoga bermanfaat. 😉

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s