Paradigma Terbalik

Kadang dalam menilai sesuatu kita hanya mengikuti apa kata orang-orang/kebanyakan orang.  Entahlah karena malas mengkonfirmasi kebenaran atau karena memang sekedar mengikuti mainstream yg ada (yang benar ADALAH apa kata orang banyak/pahami). Padahal, sebenarnya bisa saja penilaian orang kebanyakan itu salah sebagian atau bahkan seluruhnya.  Atau bisa jadi, ada yang sudah tau nilai yang benar/salah, namun sengaja disimpangkan entah karena hatinya yang sudah tertutup atau bagaimana. Pokoknya orang mau bilang benar, bahkan sudah ditunjukkan dengan bukti-buktinya, tetap saja menurutnya salah. Pokoknya salah! Titik. Atau kebalikannya.

Terkadang kita menjumpai orang-orang semacam itu, kategori sembarang menilai dan kategori sengaja mengiyakan yang salah. Kita lupakan kategori pertama, anggap saja mereka khilaf, semoga  cepat sadar dan cerdas juga agar tidak terlalu cepat bersimpul. Sekarang kategori kedua, kadang saya suka memikirkan orang-orang ini disaat lengang, “kok bisa ya mereka seperti itu? Apa yang ada di pikiran mereka? kenapa sesuatu yang benar di mata mereka nampak selalu salah, jika diberikan bukti kebenaran, berbalik melengos pura-pura tidak tahu atau mencari-cari kesalahan yang lain? Kenapa? Apa yang salah? Apakah ada sesuatu hal yang membuat mereka sakit hati? Kok bisa?”. Begitulah, banyak pertanyaan yang mengganjal tak tuntas.

Setiap kali didiskusikan dengan suami atau teman-teman yang sepahaman, mereka juga tidak tahu jawabannya, yang mereka katakan “bersabarlah, mungkin masih ada sesuatu hal yang menjadikan Allah menutupkan mata, telinga dan hati mereka dari kebenaran. Atau bisa jadi mereka menyadari kesalahannya, namun kesombongan yang membuat mereka enggan menerima kebenaran. Kita doakan saja.”

Baiklah. Allahumma aamiin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s