Galau Luar Biasa

Adakalanya manusia merasakan kegalauan yang luar biasa dalam hidupnya, bahkan mungkin ada yang sering bergalau ria. Bagi manusia-manusia yang bermental kuat, yang sedari kecil sudah terbiasa melawan arus kehidupan yang keras *tsah, susah banget bahasanya. Maksudnya begini, manusia-manusia yang sedari kecilnya sudah dihadapkan dengan kesusahan hidup secara materil (hidup pas-pas-an atau miskin) atau kesusahan secara moral (ada kekurangan diri, sehingga di cele-in mulu sama orang-orang). Biasanya seiring dengan pertumbuhan usia, pemikiran dan kepribadiannya semakin matang, mentalnya semakin kuat di masa depan karena sudah terbiasa atau terlatih dengan yang begitu-begitu (ujian), dengan syarat, mereka tumbuh dengan positif, artinya ada kemauan untuk menjalani hidup yang lebih baik (ada ikhtiar, dan halal tentunya).

Bagi manusia yang ketika ditimpa ujian, dikit-dikit curhat, dikit-dikit ngeluh, dikit-dikit down, dikit-dikit nangis, dikit-dikit bikin konferensi pers di socmed, itu bisa dikategorikan lemah mental, pemikiran dan kepribadiannya ga dewasa padahal usianya bisa saja sudah matang. Manusia ini biasanya tidak mengalami kehidupan keras sebagaimana yang saya jelaskan di atas, terbiasa dengan kemudahan-kemudahan hidup (alhamdulillaah). Atau bisa saja mengalami kehidupan keras, namun tumbuh dengan negatif. Malas-malasan menjalani hidup apalagi menggapai kehidupan yang lebih baik dan caranya juga menyimpang (dari agama atau norma).

Yeah lanjut lagi, sekuat-kuatnya mental, sematang-matangnya pemikiran dan kepribadian manusia, tetap saja ia akan merasakan kebalikannya di suatu saat. Biasanya dipengaruhi oleh besarnya ujian yang diberikan sang Pencipta dibandingkan ujian-ujian yang pernah dilewatinya. Atau kualitas ujiannya sama saja dengan yang sebelumnya, namun manusia tersebut sedang lemah imunnya, sedang khilaf. Wajar. Mudah-mudahan akan sembuh seperti semula dan dimudahkan jalannya untuk melewati ujian tersebut.

Allahumma aamiin.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s